Sabtu, 10 September 2016

Ingin Sehat, Jangan Salah Pilih Menu Sushi


Untuk membuat diri Anda sehat? Gampang! Pergilah ke restoran Jepang dan pesanlah sushi atau sashimi. Diantara keduanya sushi yang paling sehat karena banyak mengandung omega-3, mineral, dan karbohidrat. Dengan istilah lain sushi adalah santapan yang cukup gizi. Akan tetapi, nah penasaran kan kalau ada tapinya?

Walaupun sushi sangat populer dikalangan selibriti atau orang-orang yang sadar kesehatan tapi bisa saja ikan yang terkandung di dalamnya tercemar merkuri atau parasit. Nah lho.  Atau jika sushi disajikan dengan sauces yang penuh dengan kalori dan lemak (campuran keju dan susu) justru akan menghancurkan menu sehat Anda. Maka bijaklah dalam memilih dan memesan sushi.

Beras Merah
Yang pasti ada dalam sushi adalah beras. Beras merah mungkin menyempal dari tradisi aslinya, namun sangat baik untuk kesehatan. Beras merah bisa menurunkan kolesterol selain itu beras merah juga mengandung zat besi, Vitamin B1, B3, dan magnesium yang sebenarnya ada juga di beras putih namun saat proses memasak  zat dan vitamin itu menghilang. 

Nori
Lapisan yang membungkus sushi  disebut Nori yang terbuat dari rumput laut. Nori mengandung vitamin dan mineral termasuk yodium; seng; kalsium, vitamin A, E, C, dan K; serat, dan protein.

Wasabi
Rasanya memang sensasional karena pedasnya menusuk hidung dan membuat kepala kesemutan. Tapi jangan salah mengkonsumsinya akan membuat Anda terhindar dari keracunan  makanan karena wasabi memiliki sifat antimikroba. Pasta Jepang berwarna hijau muda ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan trombosit, mengobati asma dan sangat bermanfaat jika gigi Anda berlubang. Jadi saat makan sushi  wajib hukumnya untuk menikmatinya sensasi wasabi

Jahe
Bumbu dapur yang disajikan dalam bentuk acar ini juga wajib untuk dimakan. Seperti yang kita ketahui bahwa jahe merupakan juaranya antioksidan. Fungsi sebenarnya adalah untuk membersihkan langit-langit mulut setelah kita menyantap sushi. Bahkan ilmuwan Jepang telah membuktikan bahwa jahe bisa mengontrol pembekuan darah persis seperti fungsi aspirin.

Ikan
Hampir semua jenis ikan mentah yang ditawarkan bisa Anda makan. Namun ketika memilih makarel, tuna, dan salmon itu adalah pilihan sehat  yang terbaik. Selain omega tiga dan vitamin D, yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi ikan-ikan tersebut adalah jumlah  kalorinya yang  cukup kecil, antara 100-40 kalori.  

Ikan yang tidak disarankan adalah jenis bluefin tuna karena diperkirakan banyak mengandung merkuri, selain itu karena merupakan menu sushi favorit maka tuna sirip biru juga makain langka.

Menu sushi yang sebaiknya dihindari karena tidak sehat adalah tobiko sushi karena terbuat dari telur. Di dalam telur terdapat kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Tempura juga sebaiknya dihindari. Karena apapun masakannya jika digoreng akan meningkatkan kandungan lemak dan kalorinya.

Hal terakhir yang harus ditinggalkan saat menikmati sushi adalah kecap. Walaupun terbuat dari kedelai namun tidak memiliki kandungan isoflavon, vitamin dan mineral. Yang tersinya dari kecap adalah natrium. Satu sendok makan kecap memiliki 1.006 miligram sodium - hampir setengah dari nilai harian yang direkomendasikan.

Mengkonsumsi makanan sehat memang penting untuk memanjakan tubuh. Tapi menyantap sushi dengan perpaduan sauce ala barat atau ala Indonesia sepertinya bukan pilihan yang sehat.


(fxfelly)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar